Segenap Crew Wasathon mengucapkan bela sungkawa atas musibah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. Semoga segera mendapatkan jalan terbaik untuk mereka yang menjadi korban. ☀
Humaniora     Dibaca :13081 kali , 9 komentar

Agar Doa Selalu Dikabulkan

Ditulis : Yons Achmad, 04 Maret 2012

Dalam kehidupan ini, kita tentu berharap keinginan kita terkabulkan. Untuk itu kita bekerja keras dan berusaha untuk mewujudkannya. Untuk mencapai ke tujuan atas keinginan kita itu, mungkin kita mesti bangun pagi, mulai bekerja dan bahkan seringkali pulang malam. Semuanya agar mimpi dan cita kita terkabulkan. Namun, kita juga mesti menyadari bahwa manusia hanya bisa berusaha, selebihnya kita serahkan kepada Alloh Swt. Salah satunya dengan berdoa agar keinginan-keinginan kita terkabulkan. Lantas, bagaimana agar doa selalu dikabulkan?

 

Alloh Swt Berfirman:

 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

 

Kita mesti yakin kepada janji Alloh tersebut. Apabila kita berusaha memenuhi perintahnya, beriman dan selalu berada dalam kebenaran, insyalloh ketika kita berdoa, pasti akan dikabulkan baik cepat atau lambat.

 

Dalam sebuah hadis Qudsi Rasulullulah berkata:

 

“Aku tergantung persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Aku bersamanya ketika ia berdoa kepada-Ku.”

 

Mungkin, kita setiap hari berdoa. Banyak doa-doa terkabulkan, namun ada yang tak juga dikabulkan, apa penyebabnya? Bisa jadi kita melupakan adab-adab dalam berdoa atau doa-doa kita ternyata keliru. Misalnya malah berdoa untuk mencelakai orang lain.

 

Untuk itu agar doa selalu dikabulkan penuhi adab-adab doa semisal dilakukan dengan khusuk, pelan-pelan, tidak dengan teriak-teriak.  Atau dengan memilih waktu-waktu yang Alloh menjanjikan doa-doa terkabulkan, misalnya pada waktu tengah malam.

Dari Jabir berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya bagian dari malam ada waktu yang apabila seorang hamba muslim meminta kebaikan kepada Allah dan sesuai dengan waktu itu, pasti Allah mengabulkannya.” Imam Ahmad menambah: “Itu terjadi di setiap malam.”

 

Selain itu, doa yang insyalloh dikabulkan Alloh Swt adalah ketika kita sedang melakukan sujud, ketika azan dikumandangkan atau antara azan dan iqomat. Cobalah dengan melakukan doa pada waktu-waktu itu.

 

Kalau masih belum terkabulkan juga, cobalah merenung. Jangan-jangan Alloh tidak mengabulkan doa karena masih ada barang haram yang kita makan, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

 

Rasululullah bersabda:

 

"Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. dan Allah memerintahkan kepada orang-orang beriman sebagaimana yang diperintahkan kepada para rosul. beliau membaca, "Wahai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." dan membaca, "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu." kemudian beliau menyebutkan seseorang yang bepergian jauh, kucel dan acak-acakan, mengetadahkan kedua tangannya ke langit dan berkata, "Ya Robb, ya Robb." sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan memakan barang yang haram, bagaimana mungkin akan dikabulkan?!" (HR Muslim)

 

Begitulah. Agar doa selalu dikabulkan Alloh Swt, kita mesti memperhatikan beberapa hal diatas. Semoga dengan melakukan hal yang demikian, kita, Anda, saya, selalu dan selalu doanya dikabulkan oleh Alloh Swt. Amien (Yons Achmad)



Berita Humaniora Lainya

Nama

Email

Komentar :

Kode:
oukd0f
 

9 Komentar
Dady 27 April 2013

Alhamdulilah,,terima kasih utk semua infonya semoga menjadi manfaat dan semoga kita semua selalu berada dlm lindunganNYA, Amin

ery priyono 14 April 2013

sesungguhnya Allah Maha segalanya. kita punya niat baik atau jahat. allah swt pasti akan mengabulkan nya,jika kita bnr2 memohon & berdoa kepadanya,sekalipun itu niat jahat....Allah Maha Adil.... tinggal kita nanti siap untuk mempertanggung jawabkan di akhirat atas semua perbuatan kita.

pak nono 11 April 2013

amal itu diterima allah tergantung lima hal sebagaimana di jelaskan ibnu rajab al hambali. pertama makrifatullah, kedua makrifatul haq, ketiga mengikhlaskan niat dalam ibadah, keempat mengikuti sunah rasul kelima harus makan yang halal. ana setuju dengan hadits terakhir tentang allah baik dan tidak menirima kecuali yang baik-baik. Itu baik di situ dalam syarah ibnu rajab adalah halal thoyiban.

A.abdus Shomad 22 Februari 2013

mohon izin u/ mengamalkan semoga dikabul Alloh SWT semua maksud dan tujuan amiin.. trim wassalam.

Bang Uddin 17 Januari 2013

Bila dilakukan dengan niat ikhlas dan yakin penuh (tawakkal) kepada Allah, maka insya-Allah segala hajat akan terkabul. Sebelumnya jangan lupa baca solawat dulu 3 kali: Allahumma solliy ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad. Kemudian baca doa di bawah ini setiap hari, sebanyak 1000 (seribu) kali dalam sehari: Ahad: Yaa Dzal Jalaali wal-Ikraam – Wahai Yang Maha Perkasa dan Pemilik Kemuliaan. Senin: Yaa qoodhiyal haajaat – Wahai Yang mengabulkan segala hajat. Selasa: Yaa Arham-ar-raahimiien – Wahai yang Paling kasih dari segala Yang Kasih. Rabu: Yaa hayyu yaa qoyyuum – Wahai yang hidup dan Yang berdiri sendiri. Kamis: Laa ilaaha illa Allah – Tidak ada Tuhan kecuali Allah. Jum’at: Allahumma solliy ‘alaa Muhammad wa aaali Muhammad(solawat). – Ya Allah, limpahkanlah solawat (salam sejahtera) kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Sabtu: Yaa Robbal ‘Aalamien - Wahai Tuhan Pemilik semesta alam.

raden alam 03 Januari 2013

semua tergantung niat

m.jaelani 22 Desember 2012

APA YANG DIUTARAKAN KAMI SETUJU.

Bang Uddin 22 November 2012

Dalam Hadits diterangkan bahwa Rasulullah bersabda kepada Ali ra, "Wahai Ali, wahai keturunan Bani Hasyim, keturunan Abdul Muthalib, memohonlah kepada Allah dengan memanjatkan do'a ini. Demi Dzat yang jiwaku ada dalam kekuasaanNya, bila seorang beriman memanjatkan do'a ini dengan ikhlas, niscaya Arsy, langit dan bumi berguncang. Allah berfirman kepada Malaikat, "Saksikanlah bahwa aku telah mengabulkan permohonan orang yang memanjatkan do'a itu dan memberikan apa yang dia pinta". Do'anya adalah : ALLAHUMMA INNI A-'UUDZU BISMIKAL WAAHIDIL AHADISH SHAMAD, WA A-'UDZUBIKA BISMIKALLAHUMMAL 'AZHIMUL WITRU, WA A'UDZULLAHUMMA BISMIKAL KABIRIL MUTA'AALLADZII MA AL-ARKAANI KULLAHAA, ANTAKSYIFA 'ANNII GHAMMA MAA ASH-BAHTU FIHI WA AMSAIT" Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dengan namaMu, Yang Maha Esa Lagi Maha Dibutuhkan. Ya Allah aku berlindung kepadaMu dengan namaMu Yang Maha Agung Lagi Maha Ganjil (Maha Esa). Ya Allah aku berlindung kepadaMu dengan namaMu, Yang Maha Besar Lagi Maha Tinggi yang meliputi seluruh kemuliaan. Kiranya Engkau melepaskan dari permasalahan yang merundungku saat ini.

ahmadsjahroni 08 Agustus 2012

Doa terkabul, dalam Islam adalah sesuai Surat AlBaqoroh.186. jika permohonan ingin terkabul persyaratannya adalah ; beriman kepada Allah seutuhnya. yang dibarengi sebelumnya berbuat baik terlebih dahulu seperti yang Allah katakan ( Falyastajiibuulii walyu`minuubii) dan Wa ahsin kamaa ahsanallaaha ilaika ( berbuat baiklah seperti aku berbuat baik kepadamu.AlQoshosh.77. ini bisa dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as, membangun Ka`bah bersama anaknya nabi Isma`il as, setelah itu baru berdo`a sambil menganggkat tangannya( AlBaqoroh.127 ). maka terbukti do`a nabi Ibrahim as terkabul Kota makkah subur makmur dan rizqinya tak terputus hingga kita, dikunjungi oleh umat Islam sedunia. Jadi do`a baru bisa terkabul jika ada perbuatan baik lebih dahulu yang harus dikerjakan, barulah do`a kita dikabulkan Allah swt. karena ada bukti sebagai saksi nyata dari keikhlasan seseorang dalam perbuatan pengorbanannya ( pas kehendak Allah dengan keinginan kita searah) maka pasti di ijabah oleh Allah swt. Jadi lakukanlah sekecil apapun perbuatan baik kita dengan tulus manakala do`a kita ingin dikabulkan Allah