"Kekuatan Ilmu Terletak Pada Bagaimana Kita Berbagi" Kirimkan karya Terbaik Anda ke Wasathon@gmail.com. Kami akan senang hati memuatnya. Terimakasih :) ☀
Humaniora     Dibaca :467 kali , 0 komentar

Cara Mudah dan Lengkap Belajar Bahasa Arab Dengan Memakai Kaidah-Kaidah Nahwu

Ditulis : Muhammad fahruzaini, 29 April 2013 | 18:55

 Judul : Buku Lengkap Kaidah-Kaidah Nahwu

Penulis : Ulin Nuha, M.pd.I

Penerbit  : Diva press (Anggota IKAPI)

Cetakan  : Pertama, April 2013

Tebal    : 254 halaman

 

             

Belajar dan memahami bahasa Arab, khususnya bagi generasi muslim sangatlah penting, terutama untuk mendalami al Qur’an dan Al sunnah serta khazanah ilmu-ilmu agama yang kebanyakan terdapat dalam kitab-kitab berbahasa Arab. Apalagi sekarang ini ketika arus ghazwul fikri (perang pemikiran), yang berupa pemikiran liberalisme, pluralisme, dan skularisme. Begitu ganas menyerang sendi-sendi pemahaman, penghayatan dan pengamalan Islam.

           

Dengan belajar dan memahami bahasa Arab secara memadai, Insya Allah kita akan terhindar dari serangan ghazwul fikri, misalnya ketika kaum liberalis mengatakan bahwa semua agama sama, semua agama benar, dan mengingkari bahwa Islam satu-satunya agama yang diterima Allah. Dan pendapat mereka itu didasarkan pada QS. Ali Imran (3): 19 yaitu Inna al dina ‘Inda Allah Al Islam, mereka memaknai ayat tersebut bahwa agama yang diterima Allah adalah penyerahan total kepada-Nya, Al Islam dimaknainya penyerahan total kepada Allah, bukan nama suatu agama tertentu. Padahal sebenarnya dengan ada huruf alif lam ta’rif  yang menyertai kata  Islam, temasuk adalah isim ma’rifah yang mengandung arti sudah tertentu. Lain halnya ketika ayat itu berbunyi “Inna al diina ‘inda Allah  islamun. Maka kata islamun adalah termasuk isim nakirah yang mengandung arti tidak tertentu.

           

 

Agar mengetahui dan memahami kandungan al Qur’an yang berbahasa Arab tersebut diperlukan ilmu khusus yaitu ilmu nahwu yang berkenaan tentang baris atau cara membaca tulisan Arab tanpa baris dan  ilmu sharaf  yaitu ilmu yang membas masalah peralihan dan perubahan kata.  Dengan alasan-alasan tersebut ulama dahulu sampai sekarang menyusun berbagai macam kitab atau buku yang membahas ilmu tersebut. Akan tetapi kebanyakan dari kitab yang membahas ilmu bahasa itu menggunakan bahasa Arab sehingga bagi para pemula yang ingin belajar bahasa sering mengalami kesulitan dalam memahaminya.

 

 

Buku yang berjudul “Buku lengkap kaidah-kaidah Nahwu” yang ditulis oleh Ulin Nuha M.pd.I ini hadir sebagai solusi bagi Anda yang sulit dalam memahami bahasa Arab karena ditulis dengan bahasa Indonesia dan isinya lengkap yaitu tentang ilmu nahwu dan sharaf. Buku ini mengikuti pola pikir dari kitab Matnul Jurumiyah dalam urutan penulisannya. Tetapi dia juga memperlebar pembahasannya dengan memberikan penjelasan-penjelasan yang sangat detail berdasarkan referensi-referensi dari kitab-kitab induk dalam bidang Nahwu, misalanya Alfiyah Ibnu Malik, Jami’ud Durus al Arabiyah, al Qawa’id al Asa siyyah lil lughah al ‘Arabiyah, Syarah hudari  dan kitab-kitab induk lainnya. (hlm. 14).

           

 

Buku ini juga sangat cocok sekali bagi pemula yang baru belajar bahasa Arab kareana selain meyajikan teori gramatika bahasa Arab tetapi dia juga memberikan contoh yang bisa dipahami oleh orang yang awam bahasa Arab. Dia juga memuat tentang perbedaan pendapat para ulama nahwu contohnya bahwa menurut ulama Bashrah bahwa fiil itu ada 3 sedangkan menurut ulama Kufah fiil itu hanya 2 yaitu fiil mudhari dan fi’il madhi. (hlm.53)

           

 

Maka, oleh sebab itulah pelajari bahasa Arab untuk memahami kandungan al Qur’an dan menolak pandangan sesat oleh kaum liberalisme salah satunya adalah mendapatkan buku ini di toko terdekat dikota Anda.

Selamat membaca....

____________________

*Muhammad fahruzaini, Pengajar di SD IT Tarbiatul Aulad, tinggal di Barabai, Kalimantan 

 



Berita Humaniora Lainya

Nama

Email

Komentar :

Kode:
f3apuu
 

0 Komentar