module tidak ada

Pojok Inspirasi

Pecinta Ilmu

“Adapun pecinta ilmu, kecintaannya pada ilmu melebihi kecintaan seseorang kepada kekasih. Dan banyak di antara mereka tidak tergoda melihat manusia tercantik di dunia sekalipun.”(Imam Ibnu Qayyim)

Buku dan Tinta

“Sungguh, aku lebih memilih ditemani tinta sepanjang hari daripada seorang kawan. Aku lebih suka seikat kertas daripada sekarung tepung. Tamparan ulama di pipiku lebih terasa nikmat daripada minuman lezat.” (Muhammad bin Marwan Ad-Dimasyqi)

Menulislah

Jika kau bukan anak raja dan juga bukan anak ulama besar, maka menulislah (Al-Ghazali)

Ilmu yang Bermanfaat

"Orang yang tidak pandai-pandai menjaga dirinya, maka ilmu apapun yang diperolehnya tidak akan berguna baginya." - Imam Syafi'i.

Cinta dan Rasa Memiliki

“Aku baru menyadari bahwa antara Cinta dan Rasa Ingin Memiliki itu tidak sama.” (Habiburahman El-Sirazy)

Bicara Cinta

“Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit, bersih dan suci. Jika ia jatuh pada tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesucian hati, keikhlasan, setia, budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai terpuji.” (HAMKA)

Adu Domba

Tidak akan masuk surga orang yang senang mengadu domba (HR Bukhori Muslim)

Dakwah Pena

Kalimat-kalimat kita menjadi boneka lilin, jika kita mati demi mempertahankannya, maka saat itulah ruh merambahnya hingga kalimat-kalimat kita hidup terus (Sayyid Qutb)

Cintai Sekedarnya Saja

Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu. (Ali bin Abi Thalib)

Ajarkanlah Sastra untuk Anakmu

"Ajarkan sastra kepada anak-anak kalian, karena sastra bisa menjadikan yang pengecut menjadi pemberani," Umar bin Khattab.

Antara Cinta dan Benci

Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu. (Ali bin Abi Thalib)

Keutamaan Jujur

Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT. (Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Hati-Hati Bersenda Gurau

Hati - hatilah terhadap senda gurau, karena tidak sedikit bahaya yang terdapat di dalamnya. Berapa banyak senda gurau antara dua sahabat yang berakhir pada perkelahian" (Abu Sulaiman ad-Darani)

Teman yang Berbahaya

Jangan berteman yang hanya mau menemanimu ketika kamu sehat atau kaya, karena tipe teman seperti itu sungguh berbahaya sekali bagi kamu dibelakang hari.(Imam Ghozali).

Jangan Kalah Sama Ayam

Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu. Ia berkokok di waktu subuh, sedang kamu tetap lelap dalam tidur. (Lukman Hakim)

Bahaya Dekat Penguasa

Apabila secara kebetulan kamu menjadi orang yang dekat dengan penguasa, maka berhati-hatilah kamu seolah-olah kamu sedang berdiri di atas pedang yang tajam sekali. (Imam Ghozali)